Bukan Hanya Indonesia, Beberapa Negara Pernah Dibatalkan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Berikut Daftarnya!

Indonesia bukan satu-satunya negara yang pernah dibatalkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20! Ternyata, sepanjang sejarah turnamen, empat kali di tiga negara pernah dibatalkan. Apa saja negara-negara itu? Yuk, simak artikelnya!

Lukas Muhammad
Minggu, 02 April 2023 | 15:10 WIB
Bukan Hanya Indonesia, Beberapa Negara Pernah Dibatalkan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Berikut Daftarnya!
Indonesia bukan negara pertama yang dibatalkan status tuan rumah Piala Dunia U20. (Dok. PSSI)

SuaraTasikmalayaFIFA telah resmi batalkan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U20. Hal ini dikarenakan FIFA menilai bahwa Indonesia belum aman untuk selenggarakan event skala dunia. Terlebih lagi, banyak penolakan terhadap timnas Israel dalam ajang ini. 

Namun, ternyata Indonesia bukan satu-satunya negara yang pernah dibatalkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. Tercatat, sepanjang perhelatan, sebelumnya FIFA telah membatalkan sedikitnya sebanyak empat kali di tiga negara.  

Adapun beberapa negara yang pernah dibatalkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, yaitu: 

1.       Nigeria

Baca Juga:Kebakaran Delapan Bangunan di Solok, Dua Diantaranya Rumah Gadang Minangkabau

Negara dari benua Afrika ini tercapat pernah dua kali gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. Pertama, pada tahun 1991, akibat adanya praktek pemalsuan umum pemain. Hasilnya tuan rumah dipindahkan ke Portugal. Kedua, pada tahun 1995, Nigeria dibatalkan jadi tuan rumah akibat adanya wabah penyakit. Ajang ini dipindahkan ke Qatar. 

2.       Yugoslavia

Negara dari Eropa Timur ini, awalnya direncakan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada tahun 1993. Namun hal ini dibatalkan akibat adanya perang saudara di negaranya. Australia akhirnya menjadi tuan rumah pengganti. 

3.       Irak 

Negara dari timur tengah ini rencanaya akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2023. Namun, akibat adanya invasi Amerika, Irak berubah menjadi negara konflik dan perang. Alhasil FIFA membatalkan Irak menjadi tuan rumah dan diganti oleh Uni Emira Arab (UEA). 

Baca Juga:Intip 10 Strategi Belajar Ala Juara Olimpiade Matematika! Sudah Coba?

Selang 20 tahun pasca pembatalan terakhir, Indonesia mengulang kasus yang sama. Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U20 dengan alasan faktor keamanan. 

Namun, sampai saat ini, belum diketahui siapakah yang akan menggantikan Indonesia. Argentina diduga jadi kandidiat terkuat menjadi tuan rumah pengganti. (*)

News

Terkini

Penyerang Persib Bandung asal Brasil, David Da Silva sudah mulai berlatih hari ini, 7 Juni 2023 bersama rekan-rekan lainnya. Di sesi latihan, ia mendapatkan menu khusus dari tim pelatih, yaitu harus jogging keliling lapangan

Sportainment | 20:30 WIB

Bek kanan yang merupakan rekrutan baru Persib Bandung, Putu Gede Juni Antara berulang tahun ke-28 bersama Persib. Ia mengaku sangat bahagia dapat merayakan ulang tahun bersama keluarga baru di Persib Bandung

Sportainment | 20:04 WIB

Inara Rusli kedapatan cium tangan Virgoun usai sidang mediasi berakhir. Momen Inara Rusli cium tangan Virgoun setelah mediasi cerai, beri sinyal rujuk?.

Trending | 19:39 WIB

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla menyebut bahwa lapangan latihan yang digunakan oleh anak asuhnya sudah sangat baik. Persib Bandung berlatih di Stadion Persib, Bandung yang dulu dikenal sebagai Stadion Sidolig

Sportainment | 17:14 WIB

Inara Rusli dan Virgoun, pasangan selebriti yang memilih untuk berpisah setelah viral perselingkuhannya hari ini menjalani sidang perceraian.

Trending | 17:00 WIB

Pelatih Persib, Luis Milla merasa puas usai jalani latihan perdana Persib. Luis Milla mengatakan puas akan kulitas lapangan di Stadion Persib. Luis Milla merasa bahwa seluruh tim mendapatkan dukungan besar untuk bekerja secara maksimal.

Sportainment | 16:39 WIB

Cukup sudah, seharusnya video syur tentang Rebecca Klopper segera dihapus dari dunia maya. Apalagi sekarang Rebecca sudah melakukan konferensi pers dan minta maaf.

Trending | 16:30 WIB

Sikap Rebecca Klopper menuai sorotan dari netizen, usai dirinya meminta maaf soal video syur 47 detik. Becca baru-baru ini muncul di depan publik setelah viralnya video syur yang mirip dengan dirinya. Warganet berharap ini menjadi pelajaran bagi Becca untuk kedepannya.

Trending | 16:16 WIB

Sidang mediasi Virgoun dan Inara Rusli berakhir gagal. Mediasi gagal, Virgoun dan Inara Rusli akan tetap memperjuangkan tuntutan hak asuh anak.

Trending | 16:03 WIB

Pemain baru Persib Bandung yang didatangkan dari Persikabo 1973, Ryan Kurnia mengaku tak mendapatkan kendala adaptasi saat berlatih dengan seluruh punggawa Maung Bandung, pelatih, dan staff pada Senin 5 Juni 2023 lalu.

Sportainment | 15:56 WIB

Korban sudah ditemui dan diarahkan untuk buat laporan, namun sampai sekarang belum datang untuk membuat laporan, kata Wahyudi.

Metropolitan | 19:52 WIB

Rencana pembukaan blokade trotoar di depan Kedubes AS disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Bina Marga DKI, Wiwik Wahyuni.

Metropolitan | 19:36 WIB

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menyerahkan kepada pihak pemilik ruko untuk merapikan sisi bangunan yang melanggar.

Metropolitan | 19:21 WIB

General Manager PT JIExpo, Oki Setiawan mengatakan, penambahan layanan khusus ini merupakan hasil evaluasi penyelenggaraan JIExpo pada tahun lalu.

Metropolitan | 19:08 WIB

Untuk harga tiket pameran tanpa konser berbeda-beda tergantung harinya. Untuk hari Senin Rp 30.000, Selasa-Kamis Rp 40.000, dan Jumat-Minggu Rp 50.000.

Metropolitan | 18:02 WIB

Di tumbnail video tampak Denny Sumargo tengah mewawancarai seseorang. Di depan Densu terlihat sosok Lolly.

Gosip | 22:09 WIB

Untuk mendukung pemberitaan tersebut, si pemilik akun juga memperlihatkan foto wajah Amanda Manopo yang tampak berada di pangkuan Arya Saloka.

Gosip | 21:53 WIB

Denny Sumargo tak keberatan jika ada pihak keluarga Virgoun yang ingin memberi klarifikasi melalui podcast-nya.

Gosip | 21:30 WIB

Nursyah diajak casting lantaran memiliki gaya berpakaian yang bagus,

Gosip | 21:12 WIB

Irma Rachim juga mengaku dimusuhi oleh aki-aki tersebut hanya karena memberi pekerjaan pada almarhum anaknya.

Gosip | 21:07 WIB
Tampilkan lebih banyak