Scroll untuk membaca artikel
Rabu, 25 Januari 2023 | 07:31 WIB

10 Keutamaan Puasa Rajab yang Dilakukan dengan Ikhlas, Surga Jaminanya, kata Ustadz Abdul Somad

Kangdar
10 Keutamaan Puasa Rajab yang Dilakukan dengan Ikhlas, Surga Jaminanya, kata Ustadz Abdul Somad
Tangkapan layar foto Ustadz Abdul Somad (YouTube/Ustadz Abdul Somadd Official)

SuaraTasikmalaya.id-Ustadz Abdul Somad atau kerap disapa UAS menguraikan 10 keutamaan puasa Rajab yang dilaksanakan dari tanggal 1-10.

Tapi bagi yang mampu sehari atau 2 hari berturut-turut tetap saja pahalanya akan terus mengalir. DIlansir dari kanal Youtube Ustadz Abdul Somad Official, UAS mengurangkai pahala atau keutamaan puasa rajab sebagai berikut.

1. Puasa sunnah bulan Rajab 1 hari

Jika seorang muslim melaksanakan puasa sunnah Rajab hanya sehari, dengan niat yang benar serta ikhlas bukan karena ingin dipuji oleh mahluk, maka pahalanya Alloh akan meridhoi kehidupan kita. Jadi di bulan ini perbanyaklah amal sholeh insya Allah akan mendapat surga firdaus.

Baca Juga:Gaduh Biaya Haji Naik, Jokowi Pun Ikut Kaget

“Rajab adalah bulan Allah yang yang tuli. Barangsiapa berpuasa sehari dari bulan Rajab karena iman dan mengharapkan pahala, maka Allah akan mengabulkan segala permintaannya.”

2. Puasa sunnah bulan Rajab 2 hari

Tidak masalah melaksanakan puasa di bulan Rajab selama 2 hari, pahalanya akan mendapatkan pahala dua kali hitungan semua gunung di dunia.

3. Puasa sunnah bulan Rajab 3 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah di bulan Rajab selama 3 hari, akan mendapat pahala penghalang neraka.

Baca Juga:Ini Amalan di Bulan Rajab sejak Tanggal 1 hingga Akhir Bulan, Kesempatan Istimewa Mendulang Pahala, Menghapus Dosa

4. Puasa sunnah bulan Rajab 4 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 4 hari, maka akan mendapatkan pahala diselamatkan dari segala bala' yang menimpa serta diselamatkan dari fitnah Dajjal.

5. Puasa sunnah bulan Rajab 5 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 5 hari, maka akan mendapat ganjaran selamat dari siksa kubur.

6. Puasa sunnah bulan Rajab 6 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 6 hari, akan mendapat jaminan wajahnya bersinar saat keluar dari kubur sebagaimana sinar rembulan tanggal empat belas.

7. Puasa sunnah bulan Rajab 7 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 7 hari, maka akan mendapat pahala tertutupnya tujuh pintu neraka.

8. Puasa sunnah bulan Rajab 8 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 8 hari, maka keutamaannya adalah dibukakan 8 pintu surga.

9. Puasa sunnah bulan Rajab 9 hari

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama sembilan hari, maka keutamaannya adalah bangun dari kubur dan memanggil kalimat 'La ilaaha illallah' dan langsung masuk surga.

10. Puasa sunnah bulan Rajab 10 hari

Sementara itu, bagi orang muslim yang berpuasa sunnah selama 10 hari di bulan Rajab, maka akan mendapat pahala jalan mulus menuju shiratal mustaqim.

Mengenai tudingan sejumlah kalangan bahwa hadits-hadit tentang keutamaan bulan Rajab itu doif atau palsu, lulusan Universitas Al-Azhar Mesir ini menjelaskan, hadits berikut ini 

Imam An Nawawi Rahimahullah mengatakan:

. .


“Tidak ada yang shahih tentang larangan berpuasa pada bulan Rajab, dan tidak shahih pula mengkhususkan puasa pada bulan tersebut, tetapi pada dasarnya berpuasa memang hal yang disunahkan. Terdapat dalam Sunan Abu Daud bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menganjurkan berpuasa pada asyhurul hurum (bulan-bulan haram), dan Rajab termasuk asyhurul hurum. Wallahu A’lam (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 8/39) (*)

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Aneka

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda