Tiga Bulan Lagi Dibuka, Begini 7 Langkah Cara Mendaftar UTBK-SNBT 2023

Sekitar tiga bulan lagi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 akan digelar. Ada 7 langkah untuk melakukan pendaftaran.

Zahran
Rabu, 04 Januari 2023 | 16:25 WIB
Tiga Bulan Lagi Dibuka, Begini 7 Langkah Cara Mendaftar UTBK-SNBT 2023
7 langkah cara mendaftar UTBK-SNBT 2023. (@_snpmbbppp)

SuaraTasikmalaya.id - Artikel ini berisi informasi tentang Cara Mendaftar UTBK-SNBT 2023.
Sekitar tiga bulan lagi jalur masuk PTN melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 akan digelar.

Jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri ini merupakan nama dan sistem baru setelah sebelumnya dikenal dengan istilah Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Jadwal pendaftaran UTBK-SNBT 2023 ditetapkan pada tanggal 23 Maret hingga 14 April 2023.

Sebelumnya para calon peserta melakukan Pembuatan Akun SNPMB  yakni pada 16 Februari – 03 Maret 2023.

Baca Juga:Duel Dua Bulgogi di Semifinal Piala AFF, Pelatih Vietnam Dinilai Sombong, saatnya Diberi Pelajaran Sebelum Resign

Sedangkan pelaksanaan UTBK Gelombang I dimulai tanggal 8 hingga 14 Mei 2023. 

Dilansir dari laman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), UTBK-SNBT akan diikuti oleh siswa SMA, SMK, MA sederajat lulusan tahun 2021, 2022 dan 2023.

Lulusan Paket C dengan maksimal berusia 25 tahun juga bisa mendaftar, yakni alumni tahun 2021, 2022 dan 2023.

Lalu bagaimana cara mendaftar UTBK-SNBT 2023?

Dikutif dari akun @infosbmptn, ada setidaknya 7 langkah mendaftar UTBK-SNBT 2023:

Baca Juga:Aldila Jelita Ungkap Kondisi Terkini Indra Bekti, Ada Perkembangan Menggembirakan

Pertama, lakukan registrasi akun.

Calon peserta wajib membuat akun UTBK-SNBT dengan menggunakan NISN, NPSN dan tanggal lahir di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Kedua, Login
Lakukan dengan akun SNPMB login ke laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
Ketiga, Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data.

Pada tahap ini kamu mengisi dan melengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru dan verifikasi biodata serta unduh dan unggah penyataan tuna netra/low vision.

Keempat, Memilih Menu Pendaftaran UTB-SNBT
Pilih program studi, unggah portofolio, memilih pusat UTBK PTN, dan memperoleh slip pembayaran biaya UTBK.

Kelima, Membayar
Lakukan pembayaran sebesar Rp200.000 (dua ratus ribu rupiah).

Keenam, Mencetak Kartu Peserta UTBK-SNBT 2023

Login ke laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Pilih menu pendaftaran UTBK-SNBT untuk mengunduh kartu peserta UTBK.

Ketujuh, Mengikuti UTBK
Selanjutnya kamu tinggal mengikuti UTBK-SNBT 2023 sesuai dengan informasi di kartu peserta UTBK-SNBT 2023.(*). 

Aneka

Terkini

Penyerang Persib Bandung asal Brasil, David Da Silva sudah mulai berlatih hari ini, 7 Juni 2023 bersama rekan-rekan lainnya. Di sesi latihan, ia mendapatkan menu khusus dari tim pelatih, yaitu harus jogging keliling lapangan

Sportainment | 20:30 WIB

Bek kanan yang merupakan rekrutan baru Persib Bandung, Putu Gede Juni Antara berulang tahun ke-28 bersama Persib. Ia mengaku sangat bahagia dapat merayakan ulang tahun bersama keluarga baru di Persib Bandung

Sportainment | 20:04 WIB

Inara Rusli kedapatan cium tangan Virgoun usai sidang mediasi berakhir. Momen Inara Rusli cium tangan Virgoun setelah mediasi cerai, beri sinyal rujuk?.

Trending | 19:39 WIB

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla menyebut bahwa lapangan latihan yang digunakan oleh anak asuhnya sudah sangat baik. Persib Bandung berlatih di Stadion Persib, Bandung yang dulu dikenal sebagai Stadion Sidolig

Sportainment | 17:14 WIB

Inara Rusli dan Virgoun, pasangan selebriti yang memilih untuk berpisah setelah viral perselingkuhannya hari ini menjalani sidang perceraian.

Trending | 17:00 WIB

Pelatih Persib, Luis Milla merasa puas usai jalani latihan perdana Persib. Luis Milla mengatakan puas akan kulitas lapangan di Stadion Persib. Luis Milla merasa bahwa seluruh tim mendapatkan dukungan besar untuk bekerja secara maksimal.

Sportainment | 16:39 WIB

Cukup sudah, seharusnya video syur tentang Rebecca Klopper segera dihapus dari dunia maya. Apalagi sekarang Rebecca sudah melakukan konferensi pers dan minta maaf.

Trending | 16:30 WIB

Sikap Rebecca Klopper menuai sorotan dari netizen, usai dirinya meminta maaf soal video syur 47 detik. Becca baru-baru ini muncul di depan publik setelah viralnya video syur yang mirip dengan dirinya. Warganet berharap ini menjadi pelajaran bagi Becca untuk kedepannya.

Trending | 16:16 WIB

Sidang mediasi Virgoun dan Inara Rusli berakhir gagal. Mediasi gagal, Virgoun dan Inara Rusli akan tetap memperjuangkan tuntutan hak asuh anak.

Trending | 16:03 WIB

Pemain baru Persib Bandung yang didatangkan dari Persikabo 1973, Ryan Kurnia mengaku tak mendapatkan kendala adaptasi saat berlatih dengan seluruh punggawa Maung Bandung, pelatih, dan staff pada Senin 5 Juni 2023 lalu.

Sportainment | 15:56 WIB

Korban sudah ditemui dan diarahkan untuk buat laporan, namun sampai sekarang belum datang untuk membuat laporan, kata Wahyudi.

Metropolitan | 19:52 WIB

Rencana pembukaan blokade trotoar di depan Kedubes AS disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Bina Marga DKI, Wiwik Wahyuni.

Metropolitan | 19:36 WIB

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menyerahkan kepada pihak pemilik ruko untuk merapikan sisi bangunan yang melanggar.

Metropolitan | 19:21 WIB

General Manager PT JIExpo, Oki Setiawan mengatakan, penambahan layanan khusus ini merupakan hasil evaluasi penyelenggaraan JIExpo pada tahun lalu.

Metropolitan | 19:08 WIB

Untuk harga tiket pameran tanpa konser berbeda-beda tergantung harinya. Untuk hari Senin Rp 30.000, Selasa-Kamis Rp 40.000, dan Jumat-Minggu Rp 50.000.

Metropolitan | 18:02 WIB

Rafathar bikin NCTzen iri karena rumah barunya didatangi tiga member grup asal Korea Selatan, NCT.

Gosip | 23:00 WIB

Dalam waktu dekat, Marshel Widianto dan Cesen eks JKT48 akan menerima job di luar kota dan meninggalkan bayinya di rumah.

Gosip | 22:33 WIB

Di tumbnail video tampak Denny Sumargo tengah mewawancarai seseorang. Di depan Densu terlihat sosok Lolly.

Gosip | 22:09 WIB

Untuk mendukung pemberitaan tersebut, si pemilik akun juga memperlihatkan foto wajah Amanda Manopo yang tampak berada di pangkuan Arya Saloka.

Gosip | 21:53 WIB

Denny Sumargo tak keberatan jika ada pihak keluarga Virgoun yang ingin memberi klarifikasi melalui podcast-nya.

Gosip | 21:30 WIB
Tampilkan lebih banyak